Faktor yang Mempengaruhi Keputusan
Pembelian adalah :
-
Menurut Kotler (2005:202),
Faktor-faktor
yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen secara umum ada dua faktor
yang berpengaruh yaitu :
1) Faktor Intern,
Faktor dari
dalam diri konsumen itu sendiri yang meliputi : motivasi, pembelajaran sikap
dan kepribadian serta konsep diri.
2) Faktor Ekstern,
Faktor yang
berasal dari luar diri konsumen yang meliputi : budaya dan sub budaya, kelas
sosial, kelompok sosial dan kelompok referensi, serta keluarga.
-
Schiffman (2004:491),
Dalam pemasaran terdapatbauran
pemasaran yang merupakan strategi bagi pemasar untuk menarik
konsumen sebanyak-banyaknya. Dimana dalam kegiatan bauran pemasaran ini,
perusahaan berusaha menyampaikan manfaat produk dan jasa mereka kepada para
konsumen potensial dan jika hal ini dihayati dengan mendalam maka akan
mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.
-
Menurut Kotler (2005:116),
Terdapat empat bauran pemasaran dan
tiga P tambahan untuk jasa, yaitu produk, harga, distribusi dan promosi serta
proses,people dan physical evident sebagai
tambahan untuk bauran jasa. Produk mencerminkan kombinasi antara produk dan
jasa yang ditawarkan kepada konsumen. Harga adalah sejumlah uang yang harus
dibayar untuk mendapatkan produk. Distribusi mencerminkan kegiatan yang dilakukan
perusahaan yang membuat barang tersedia untuk konsumen. Promosi adalah
komunikasi dalam mempengaruhi dan membujuk konsumen untuk membeli. Sedangkan
tiga bauran tambahan untuk jasa yaitu proses merupakan penyampaian jasa
tersebut. Orang adalah karyawan perusahaan, pengguna jasa itu sendiri, pengguna
jasa lainnya. Bukti fisik menggambarkan semua fasilitas fisik yang merupakan
buatan manusia.
Menurut Kotler (2005:252) ada lima tahapan yang dilalui oleh konsumen dalam mengambil keputusan untuk membeli suatu produk, yaitu :
Pengenalan
masalah
Pencarian informasi
Evaluasi alternative
Keputusan pembelian
Perilaku pasca pembelian
Pencarian informasi
Evaluasi alternative
Keputusan pembelian
Perilaku pasca pembelian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar